Kebonagung - KEBONAGUNG MENJADI PELOPOR DESA ODF DI KECAMATAN NGAMPEL

KEBONAGUNG MENJADI PELOPOR DESA ODF DI KECAMATAN NGAMPEL

Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini.

Sejak tahun 2018 Desa Kebonagung ditunjuk dan didampingi Puskesmas Ngampel untuk menjadi pelopor Desa Bebas ODF. Untuk menyukseskan program ini, pihak desa bersama Puskesmas Ngampel melakukan pendataan warga yang belum memiliki MCK untuk diberi penyuluhan dan diberikan bantuan progam MCK bagi warga.

Finalnya pada tanggal 27 Agustus 2019 Desa Kebonagung megikuti deklarasi Desa Bebas ODF dan mendapatkan penghargaan Desa Bebas ODF dari Kabupaten Kendal di Alun-alun Kendal. Deklarasi Desa Bebas ODF ini bertujuan untuk mewujudkan program Kabupaten STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

Harapan dari Pemerintah Kabupaten, Desa yang sudah mengikuti deklarasi bebas ODF dapat menjadi contoh bagi desa-desa yang lain untuk mewujudkan Kendal Kabupaten Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.


Dipost : 29 Agustus 2019 | Dilihat : 350

Share :